PENDAFTARAN TERAKHIR GELOMBANG 2 HARI SELASA TANGGAL 28 MEI 2024

    SMA Takhassus Al-Qur'an merupakan Sekolah Menengah Atas yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Berbeda dengan SMA pada umumnya, SMA Takhassus Al-Qur'an menggunakan Kuikulum merdeka yg mengimplementasikan merdeka belajar berdasarkan bakat, minat dan karakteristik masing-masing peserta didik untuk menentukan mata pelajaran pilihan pada jenjang/fase berikutnya, serta salah satu karakteristik mata pelajarannya adalah Ketakhassussan. Selain itu juga terdapat beberapa program unggulan sekolah seperti Program Billingual (Boarding School), Program Tahfidz, dan Program Reguler . Program jurusan studi yang ada di SMA Takhassus Al-Qur’an adalah MIPA, IPS dan Ilmu Bahasa dan Budaya (IBB).

        SMA Takhassus Al-Qur’an didukung dengan fasilitas pembelajaran yang memadai.  Fasilitas tersebut terdiri atas 36 ruang pembelajaran, 4 laboratorium komputer, laboratorium fisika, laboratorium kima, studio musik, perpustakaan, ruang baca, gazebo, gedung bilingual dan GOR. Laboratorium komputer dibuat dengan satandar untuk pelaksanaan ujian sekolah dan sebagai media pengembangan IT. GOR dibuat sangat luas, bisa mencakup 3 cabang olahraga sekaligus seperti futsal, badminton, dan basket/bola voli.

          Sistem pembelajaran Kuikulum merdeka yg mengimplementasikan merdeka belajar berdasarkan bakat, minat dan karakteristik masing-masing peserta didik untuk menentukan mata pelajaran pilihan pada jenjang/fase berikutnya. Peserta didik dengan kemampuan beragam semuanya dapat terlayani dengan baik dan maksimal. Sekolah berinisiatif agar peserta didik bersemangat dalam belajar dan mobile maka dilaksanakan moving class.

          Selain pembelajaran kelas, program ekstarkurikuler menjadi bentuk pelayanan terhadap potensi non-akademik peserta didik di sekolah. SMA Takhassus Al-Qur’an memiliki 23 program ekstrakurikuler, seperti Pramuka, Pasukan Inti (PBB), Perisai Diri, PMR, Tilawah, Teater, Rebana, Seni Musik, Futsal, Bola Voli, Bola Basket, Home Industri/Seni Kriya, Fotografi, Cinematografi, Thek-Thek, Jurnalistik, Kaligrafi, Desain Grafis, Panahan, Bulutangkis, Takraw, Karya Ilmiah Remaja, dan Jahit. Ekstrakurikuler panahan tahun lalu mendapatkan juara 1 kabupaten cabang panahan putra dan putri. Sementara itu melalui bidang home industri mendapatkan juara 3 kabupaten dalam lomba KRENOVA.

          Prestasi yang diperoleh peserta didik tidak lepas dari dukungan Bapak/Ibu guru pendidik dan tenaga kependidikan SMA Takhassus Al-Qur’an. Guna memberikan pelayanan optimal untuk peserta didik, SMA Takhassus AL-Qur’an memiliki 70 pendidik dan 15 tenaga kependidikan (TU). SMA Takhassus Al-Qur’an dikepalai oleh Ibu Fatma Ainie, S. I. P., M. M. dengan wakil kepala bidang Kurikulum Bapak Pujo Mulyono, S. Pd., wakil kepala bidang Kesiswaan Bapak Eko Eriyanto, S. Pd., wakil kepala bidang Humas Ibu Niken Pramulatsih, M. Hum., dan wakil kepala bidang Sarana dan Prasarana Bapak Hilmi Alfarumbanani, M. Pd. I.

        SMA Takhassus Al-Qur’an memiliki visi “UNGGUL DALAM MUTU BERPERILAKU QUR’ANI DAN BERWAWASAN GLOBAL“, sedangkan misi SMA Takhassus Al-Qur'an Kalibeber-Wonosobo :

  1. Meningkatkan mutu kelulusan peserta didik,
  2. Meningkatkan kualitas bidang akademik dan non akademik peserta didik
  3. Meningkatkan kreativitas dan kecakapan hidup peserta didik,
  4. Meningkatkan kualitas keimanan, ketaqwaan, dan nasionalisme peserta didik,
  5. Meningkatkan kualitas pemahaman dan pengamalan Al-Qur’an,
  6. Meningkatkan toleransi dan persaudaraan antar umat beragam,
  7. Meningkatkan mutu pengamalan nilai-nilai ahlussunah wal jama’ah dan budaya bangsa,
  8. Meningkatkan pola pikir modernis dan dinamis,
  9. Meningkatkan nilai jati diri bangsa,
  10. Meningkatkan kecakapan peserta didik dalam bidang ICT.

          SMA Takhassus Al-Qur’an berdiri sejak 1989 dan bernaung pada Yayasan Al-Asy’ariyyah. Yayasan Al-Asy'ariyyah berkantor pusat di Pondok Pesantren Al-Asy'ariyyah, Jalan KH. Asy'ari No. 9, Kalibeber, Mojotengah, Wonosobo. Kelurahan Kalibeber hampir seluruh penduduknya beragama Islam. Secara geografis Kelurahan Kalibeber berada pada ketinggian  + 860 m di atas permukaan laut (DPL) dan terletak pada Bujur Timur dan Lintang Selatan 12.15.07.02. Suhu rata-rata antara 200 C sampai 250 C. Pada bulan Juli dan Agustus biasanya suhu tidak tetap bahkan bisa di bawah 200 C. Jarak Kelurahan Kalibeber dengan ibu kota kabupaten sekitar + 3 km, dan transportasi bisa dijangkau dengan mudah serta dilalui oleh angkutan kota. Luas tanah desa Kalibeber seluas 140.320 Ha dengan batas sebelah Utara Desa Wonokromo, Selatan Desa Kejiwan, Barat Desa Sukorejo dan sebelah Timur Desa Bumirejo dan Krasak.

 

PROGRAM BILINGUAL KILAS TENTANG SMA TAKHASSUS
LOKASI

 

 

YAYASAN AL-ASY'ARIYYAH
Alamat: Jalan K.H. Asy'ari No. 9, Kalibeber, Mojotengah, Jl. KH. Asy'ari No.9, Kalibeber, Mojotengah, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56351
Copyright © AL-ASY'ARIYYAH 2024